Cara Merawat Motor Yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Merawat Motor Yang Bisa Dilakukan Sendiri

6 Cara Merawat Motor 

Halo sobat WE+, apakah kamu adalah pengendara motor? Jika iya, maka kamu harus melakukan perawatan motor secara rutin supaya motor tetap prima setiap hari dan dapat bertahan lama. Dengan menerapkan cara merawat motor yang benar, motor kamu akan lebih awet sehingga tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Masalah motor yang kerap ditemui biasanya dikarenakan kurangnya perawatan. Perawatan yang dimaksud disini tidak hanya sebatas membawa motor ke servis setiap bulan, akan tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri setiap hari. Simak ulasan berikut ini mengenai cara-cara merawat motor yang benar. 

6 Cara Merawat Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri

  1. Rutin Mengganti Oli

Mesin motor akan menjadi awet jika dilakukan penggantian oli secara rutin. Oli pada mesin memiliki fungsi yang sangat penting di mana oli berperan dalam membantu proses pelumasan pada mesin untuk mengurangi gesekan yang terjadi. 

Sehingga apabila oli telat diganti maka mesin akan menjadi cepat aus dan bisa rusak. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan ganti oli secara rutin setiap 2-3 bulan sekali, dan oli yang digunakan harus sesuai dengan spesifikasi motor kamu. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Merawat Aki Sepeda Motor

Selain oli, kamu juga harus merawat kondisi aki motor. Aki berfungsi untuk menyediakan listrik pada motor. Problem yang kerap ditemui oleh para pengguna motor adalah masalah mati aki. Saat aki motor mati, maka motor akan kehilangan power dan cahaya lampu akan berkurang. Bahkan saat akan menyalakan motor kamu harus menggunakan kick starter yang membutuhkan tenaga lebih. 

Oleh karena itu kamu harus mengetahui kondisi aki pada motor kamu. Dan disarankan untuk melakukan penggantian aki 7-8 bulan setelah penggantian terakhir untuk menghindari kondisi mati aki. 

  1. Memeriksa Kondisi Vanbelt dan Roler

Bagi pemilik motor matic, selain rutin melakukan penggantian oli dan aki, yang wajib diperhatikan juga adalah kondisi vanbelt. Vanbelt yang terbuat dari bahan karet dikhawatirkan dapat mengalami putus di tengah jalan yang kemudian menyebabkan motor berhenti dan tidak bisa berjalan lagi. Oleh karena itu selalu cek kondisi vanbelt, dan ganti vanbelt dengan suku cadang original supaya menjadi lebih awet.

  1. Mengganti Oli Shockbreaker

Selain oli mesin, kamu juga perlu memperhatikan oli shockbreaker. Oli shockbreaker sama pentingnya dengan oli mesin. Yang mana tujuannya adalah supaya shock motor tetap berfungsi secara normal. Lakukan pergantian setiap motor telah mencapai 10000 km. 

  1. Menggunakan Bensin Berkualitas

Tips perawatan motor berikutnya yaitu selalu menggunakan bensin berkualitas. Kualitas bensin yang digunakan akan mempengaruhi kualitas serta usia mesin motor kamu. Hindari menggunakan bensin campuran. Kamu harus berhati-hati saat membeli bensin selain di pom bensin atau penjual bensin yang sudah terpercaya. 

  1. Rutin Servis Motor

Cara merawat motor yang terakhir adalah rutin membawa motor ke tempat servis. Sebaiknya bawa motor ke bengkel resmi, atau bengkel yang memang sudah menjadi langganan kamu. Servis motor sangat disarankan terutama untuk yang awam soal mesin dan komponen-komponen motor lainnya. Di bengkel, kamu dapat menanyakan mekanik hal-hal seperti aki yang masih layak, apa saja yang memerlukan penggantian, pembersihan karburator dan setting motor, dan masih banyak lagi. 

Demikian penjelasan mengenai cara merawat motor untuk mendapatkan motor yang prima setiap hari. Lakukan cara-cara di atas supaya performa mesin serta komponen motor lainnya tetap berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat ya Sobat WE+!

Penulis: Raka 08 May 2021 63