Cara Melindungi Diri dari Demam Berdarah

Cara Melindungi Diri dari Demam Berdarah

Demam berdarah (DBD) adalah penyakit yang sering muncul di negara tropis seperti Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan melalui nyamuk Aedes aegypti dan bisa menyerang segala usia tanpa pandang bulu. Sobat WE+ tidak boleh meremehkan penyakit ini karena dapat menyebabkan kematian. Apalagi dimusim hujan, nyamuk Aedes aegypti banyak sekali bermunculan karena banyak berkembang biak di genangan air bekas hujan.

Agar dapat melindungi diri dari penyakit DBD sobat WE+ harus rajin melakukan langkah pencegahannya. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan penyakit demam berdarah.

Lakukan Cara-Cara Berikut Melindungi Diri dari Demam Berdarah

Langkah utama yang harus sobat WE+ lakukan untuk mencegah penyakit DBD adalah menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan tubuh apalagi dalam kondisi seperti sekarang, kita dituntut untuk selalu mejaga Kesehatan dan imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melindungi keluargamu dari risiko terserang DBD.

  1. Menguras Bak Mandi 

Apabila sobat WE+ menggunakan bak air untuk mandi maka rajin-rajinlah mengurasnya minimal seminggu sekali. Tindakan ini bisa memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti penyebar penyakit demam berdarah. Nyamuk Aedes aegypti bertelur di permukaan air dan telurnya akan menetas dua hari setelah menyentuh air. 

Setiap hari nyamuk ini bisa bertelur sebanyak tiga kali. Bayangkan kalau air yang ada di bak tidak pernah sobat WE+ kuras, berapa ribu jentik yang bisa berkembang menjadi nyamuk? Saat menguras bak mandi, jangan lupa untuk membersihkan dinding bak karena telur nyamuk sering menempel di situ. Taburi air dengan larvasida, gunanya untuk membunuh telur dan jentik-jentik. 

  1. Menutup Tempat Penampungan Air 

Jangan lupa menutup rapat tempat penampungan air seperti gentong, ember, atau baskom supaya nyamuk tidak bisa bertelur di dalamnya. Kamu juga harus menguras tempat penampungan air ini minimal seminggu sekali.

  1. Mengubur Barang Bekas 

Barang bekas seperti kaleng-kaleng bekas bisa jadi rumah bagi nyamuk Aedes aegypti. Jangan biarkan barang bekas ini menumpuk di rumahmu. Kamu bisa menguburnya, membuang, atau mendaur ulangnya untuk keperluan lain.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Memakai Pakaian yang Tertutup 

Saat sobat WE+ keluar rumah, pakailah pakaian yang menutupi seluruh badan, lengan, dan kaki. Hal ini untuk mencegah gigitan nyamuk penyebab penyakit DBD waktu sobat WE+ sedang di luar rumah.

  1. Menggunakan Obat Anti Nyamuk 

Sobat WE+ bisa menggunakan obat anti nyamuk di rumah, terutama saat musim hujan tiba dimana risiko DBD akan meningkat. Banyak obat anti nyamuk yang bisa sobat WE+ gunakan untuk mencegah datangnya nyamuk, seperti obat nyamuk elektrik, semprot, atau bakar.

Sobat WE+ juga bisa mengoleskan lotion anti nyamuk pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Oleskan pada pagi dan sore hari saat nyamuk aktif, atau beberapa kali dalam sehari. Akan tetapi sobat WE+ harus perhatikan dengan seksama cara penggunaannya, terutama bila digunakan untuk anak kecil.

  1. Jangan Menggantung Pakaian 

Pakaian yang digantung adalah rumah favorit bagi nyamuk. Sobat WE+ harus menghindari menggantung pakaian, apalagi di belakang pintu yang gelap dan lembab. Jangan beri kenyamanan pada nyamuk untuk tinggal dan bersarang dengan menggantung pakaian berhari-hari. 

  1. Menyiapkan Asuransi 

Selain melakukan pencegahan demam berdarah, sobat WE+ juga harus bersiap-siap seandainya ada keluarga yang terserang dan harus dirawat di rumah sakit. Tanpa persiapan khusus, sobat WE+ pasti kebingungan karena biaya rawat inap yang dikeluarkan cukup lumayan nominalnya.

Nah, sobat WE+ tidak perlu bingung karena ada asuransi DBD We+ dengan harga premi Rp. 17.500,00 per 3 bulan lho! Asuransi Mikro Demam Berdarah ini memberikan santunan kepada peserta yang positif menderita demam berdarah berdasar hasil Laboratorium maupun keterangan dokter.

Asuransi ini menawarkan harga premi yang murah dengan sejumlah benefit sehingga peserta tidak akan terbebani biaya rawat dan bisa fokus untuk memulihkan kesehatan. Dengan memiliki asuransi ini, sobat WE+ sudah selangkah lebih maju dalam memberikan perlindungan untuk keluarga dan diri sobat WE+ sendiri. 

  1. Menyiapkan Vitamin 

Selain menyiapkan asuransi, vitamin juga sangat penting apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. PT Kalbe Farma Tbk memiliki produk yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin untuk menjaga Kesehatan tubuhmu. Zegavit, multivitamin dengan kandungan vitamin B, C, E serta mineral zinc dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Di masa pandemi seperti ini, sangat penting untuk menjaga Kesehatan tubuh dan juga imun. Karena, ketika imun kita kuat, maka virus dan penyakit tidak akan masuk ke dalam tubuh kita.

Demikianlah 8 langkah untuk melindungi diri dari demam berdarah. Semoga di masa pandemi ini, kita bisa selalu menjaga Kesehatan diri dan keluarga tercinta agar terhindar dari segala penyakit termasuk demam berdarah. Tetaplah waspada dan selalu menjaga kebersihan dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat WE+!

Penulis: Raka 12 Nov 2021 48