Bukan Cuma Satu Jenis, Ternyata Ada 7 Jenis Empon Empon

Bukan Cuma Satu Jenis, Ternyata Ada 7 Jenis Empon Empon

Halo sobat WE+! Pernahkah kalian mendengar istilah empon empon? Empon empon adalah jenis rimpang yang banyak dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional (jamu) atau penambah rasa pada masakan. Umumnya, masakan Indonesia banyak menggunakannya. Beberapa jenis kelompok tanaman rimpang yang dikenal dan banyak digunakan, ternyata memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Jenis Empon Empon yang Banyak Digunakan

Kata empon sebenarnya berasal dari bahasa jawa. Asal katanya adalah empu, yaitu bagian rimpang pada tanaman seperti jahe, kunyit dan lengkuas. Di Indonesia, masyarakat mengenal beberapa jenis rimpang dan telah mengambil manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa jenis rimpang ini yang sebaiknya diketahui manfaatnya.

1. Kunyit 

Kamu pasti sudah mengenal rimpang yang satu ini, kan? Yup, kunyit memang banyak ditemui di dapur masyarakat Indonesia. Umumnya digunakan sebagai pelengkap yang memberi aroma dan warna pada masakan, seperti pada soto dan kare. Selain itu, kunyit juga dijadikan sebagai bahan pembuat jamu. 

Manfaat kunyit memang cukup banyak, sehingga sering digunakan sebagai obat herbal untuk beberapa keluhan kesehatan. Beberapa manfaatnya adalah anti peradangan, mengurangi gejala sakit perut, mengatasi diare, dan mencegah infeksi. Itulah sebabnya, tak jarang orang menanam kunyit sebagai apotik hidup di rumah.

2. Jahe

Jenis empon empon lainnya adalah jahe. Apakah kamu suka minum wedang jahe saat cuaca dingin? Memang tepat sekali, sebab jahe memang dapat memberi efek hangat pada tubuh. Selain itu, jahe dapat mengatasi perut kembung, mengurangi gejala batuk pilek, dan mengurangi rasa mual. Ada tiga jenis jahe yaitu jahe emprit, merah dan gajah.

3. Temu Giring

Rimpang yang satu ini memiliki bentuk berbuku-buku dengan panjang mencapai 8-10cm. warna dagingnya kuning kehijauan dan rasanya pahit. Umumnya, temu giring digunakan sebagai campuran kosmetika perawatan kulit. Hal ini disebabkan oleh manfaatnya sebagai antioksidan, menghaluskan kulit, dan mengangkat sel kulit mati.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Nama latin tanaman rimpang ini adalah Curcuma heyneana. Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, juga memiliki manfaat mengatasi beberapa keluhan kesehatan. Kandungan piperazine sitrat yang dimilikinya dapat dimanfaatkan sebagai obat cacing. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai pengobatan luar pada kudis dan gatal-gatal.

4. Bangle 

Jenis empon empon yang satu ini mirip dengan jahe. Rimpangnya berwarna kuning kehijauan dengan aroma yang menyengat dan rasanya pahit. Rimpang tanaman ini banyak mengandung minyak atsiri, mineral, serat dan resin. Masyarakat banyak memanfaatkannya sebagai penurun panas, mengurangi lemak tubuh, dan mengempiskan bengkak.

5. Lempuyang 

Kamu pernah dengar jamu yang namanya cabe puyang? Nah, puyang itu adalah sebutan untuk tanaman lempuyang. Rimpang tanaman ini berwarna kuning terang kehijauan dengan rasa getir. Manfaat dari tanaman ini adalah mengatasi peradangan (inflamasi), mengatasi rematik, dan membantu menurunkan gula darah.

6. Lengkuas

Salah satu tanaman rimpang yang banyak digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan Indonesia adalah lengkuas. Rimpang ini mengandung banyak vitamin A dan C. Selain itu juga mengandung flavonoid, zat besi dan serat. Lengkuas dapat membantu meredakan asma, dan menjaga kesehatan otak, selain dapat menurunkan kolesterol.

7. Kencur

Kalau kamu pernah makan pecel, salah satu campuran bumbunya adalah kencur. Manfaat kencur ini cukup banyak. Lho. Beberapa di antaranya adalah untuk mengobati batuk, kencing batu, dan diare. Selain itu, dapat menambah nafsu makan dan memberikan efek menenangkan melalui aromanya.

Nah sobat WE+, sekarang kamu sudah semakin mengenal empon empon, bukan? Kekayaan alam memang menyimpan banyak manfaat yang dapat digunakan manusia, seperti pada tanaman rimpang tersebut. Tak ada salahnya jika menanam tanaman tersebut di halaman rumah sebagai alternatif obat untuk berbagai keluhan kesehatan.

Penulis: Raka 29 Dec 2020 4344