Bagaimana Cara Menghilangkan Kebiasaan “Mager”

Bagaimana Cara Menghilangkan Kebiasaan “Mager”

Istilah “mager” atau malas gerak banyak digunakan oleh generasi millennial. Dimana istilah tersebut merujuk pada kondisi yang sudah terlalu nyaman dengan aktivitas yang dilakukan, terutama kegiatan yang bisa dijalani sambil duduk santai ataupun tiduran. Mager memang bisa dirasakan siapa saja, namun kalau sudah berlebihan tentu bukan hal yang baik karena bisa menghambat produktivitas. Untuk itu, sobat WE+ wajib tau bagaimana cara menghilangkan kebiasaan mager. 

Cara Mengatasi Mager Paling Ampuh

Sejatinya ada banyak alasan kenapa seseorang jadi mager, salah satunya adalah stress atau sedang bingung, terlalu sering begadang, malas bergerak, pun tidak menyukai suatu aktivitas tertentu. Inilah cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rasa mager: 

  1. Jadwalkan Olahraga Rutin

Olahraga rutin bisa membantu kamu terbiasa hidup aktif. Cobalah untuk menjadwalkan olahraga di setiap minggunya, setidaknya 3 hingga 4 kali. Aktivitas olahraga yang dipilih pun tidak terbatas pada satu jenis olahraga saja. Kamu bebas menambah variasi aktivitas agar tidak bosan ataupun mager untuk berolahraga. 

Semisal saja dengan mengikuti kelas yoga, kickboxing bersama teman-teman, atau sekadar jogging mengelilingi area kompleks. Selain mampu mengatasi mager, olahraga juga bakal membuat tubuh kamu lebih sehat, dan pastinya mengurangi stres atas tekanan sekolah ataupun pekerjaan.

  1. Kurangi Begadang

Pada dasarnya, tubuh butuh istirahat dalam waktu yang cukup di setiap malamnya. Inilah kenapa mengurangi begadang diklaim mampu menghilangkan kebiasaan malas gerak. Usahakan agar kamu bisa tidur selama 6 sampai 8 jam agar tubuh terasa lebih segar saat bangin di pagi harinya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu bisa menetapkan rutinitas malam hari sebelum tidur untuk membantu tubuhmu lebih rileks, dan pastinya gampang tertidur. Misalnya saja dengan menenggak teh hangat, menghindari penggunaan alat elektronik di jam tidur, atau mendengarkan musik favorit.

  1. Hilangkan Kebiasaan Overthinking

Tak perlu banyak berpikir soal apa yang belum terjadi di masa depan. Konon, kebiasaan overthinking atas suatu hal bisa membuat pribadi seseorang mager lantaran banyaknya hal yang tersimpan di kepalanya. Guna menghindari hal tersebut, kamu mungkin tertarik menerapkan aturan 5 detik. Yang mana setiap kali kamu merasa ragu, kamu boleh menghitung mundur dari 5-1, kemudian tetapkan tekad untuk memutuskan suatu aktivitas. Apakah kamu ingin menjalaninya atau tidak.

  1. Tetapkan Deadline Sendiri

Jika kamu termasuk golongan orang yang kurang terbiasa disiplin, kamu boleh membagi seluruh projek atau target yang dinilai membuat kamu mager dalam pengerjaannya menjadi beberapa aktivitas kecil. Sehingga kamu bisa melakukannya selangkah demi selangkah untuk menyelesaikannya sesuai dengan deadline yang kamu tetapkan sendiri.

Secara sederhana, perusahaan tempatmu bekerja memberikan tugas auditing untuk diselesaikan dalam kurun waktu 3 hari. Kamu boleh membagi proses auditing dalam beberapa bagian, kemudian menetapkan tenggat waktu pengerjaannya. Misalnya untuk proses sampling selama 1 hari, lalu proses pengumpulan data juga 1 hari, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu sesuai request perusahaan, yakni 3 hari. Kalau sudah begini, dijamin tidak akan ada alasan mager deh!

  1. Self-Reward

Memberikan hukuman dan hadiah kepada diri sendiri akan meningkatkan disiplin diri. Jika kamu merasa terlalu malas menyelesaikan suatu tugas, pemberian hukuman untuk diri kamu sendiri cukup efektif dilakukan. Misalnya saja kamu punya tugas yang harus diselesaikan pada esok hari, tapi sampai malam hari sekalipun tugas itu belum disentuh karena alasan mager. Alhasil, kamu harus begadang demi bisa menyelesaikannya. Terapkan hukuman seperti kamu tidak boleh beli barang favorit kamu saat target yang ditetapkan gagal tercapai.

Sebaliknya, jika target tersebut berhasil dicapai, tak ada salahnya untuk memberikan hadiah pada diri sendiri. Bisa berupa jalan-jalan bersama teman ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, membeli makanan favorit, belanja pakaian yang sudah diincar beberapa saat lalu, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan mager dalam diri kamu. Dengan cara ini kamu bisa lebih pandai dan bijak untuk mengatur waktu agar tidak habis untuk mager saja. 

Penulis: Raka 05 Sep 2022 39