Apa Perbedaan Mesin Bensin dan Diesel? Ini 9 Bedanya

Apa Perbedaan Mesin Bensin dan Diesel? Ini 9 Bedanya

Apakah sobat we+ sedang mempertimbangkan kendaraan yang akan dipilih untuk menunjang aktivitasnya? Bingung apa yang membedakan fungsi dan sistem pada kendaraan yang akan dipilih? Jika pada mesin terdapat jenis bensin dan diesel, maka apakah perbedaan mesin bensin dan diesel? Tulisan kali ini akan membahas tentang kedua mesin itu, agar sobat we+ bisa lebih memahaminya.

Perbedaan Mesin Bensin dan Diesel yang Perlu Diketahui

Uraian kali ini, akan menjelaskan apa saja perbedaan mesin bensin dan diesel yang sebaiknya kamu pahami, seperti:

1. Beda Bahan Bakar

Perbedaan mesin bensin dan diesel yang paling mendasar adalah pada bahan bakar nya. Sesuai nama, mesin bensin berarti membutuhkan bahan bakar berupa bensin, sedangkan mesin diesel lebih terbilang lebih fleksibel karena bisa menggunakan bahan bakar alternatif. 

2. Beda Fase Hisap

Pada fase ini, mesin bensin akan melakukan pengkabutan dengan mencampur udara yang dihisap ke dalam mesin dengan semprotan bahan bakar. Pada mesin diesel, fase hisap hanya udara murni saja.

3. Fase Kompresi

Setelah fase hisap, selanjutnya adalah kompresi. Pada mesin bensin, campuran udara dan bahan bakar akan dialirkan untuk kompresi. Begitupun pada mesin diesel, udara yang dihasilkan akan dikompres untuk menghasilkan tekanan tinggi. Yang membedakan adalah tekanan yang dihasilkannya. Mesin diesel memiliki tekanan lebih tinggi, yaitu sekitar 16:1, sedangkan pada mesin bensin tingkat kompresinya hanya sekitar 10:1.

4. Fase Tenaga

Di fase berikutnya ini, pada mesin bensin akan menggunakan busi untuk membakar campuran udara dan bensin yang telah dikompresi tadi. Pada mesin diesel, tidak ada busi melainkan udara yang terkompresi tadi disemprotkan kabut bahan bakar, sehingga akan timbul ledakan yang mendorong piston dan menghasilkan tenaga.

5. Dari Aspek Ramah Lingkungan

Dari sisi yang satu ini, mesin bensin dikatakan lebih unggul daripada mesin diesel. Terlihat dari asap yang dihasilkan oleh mesin diesel yang terlihat lebih pekat.

6. Dari Aspek Efisiensi

Perbedaan mesin bensin dan diesel dari sisi efisiensi, dapat disimpulkan bahwa ternyata mesin diesel lebih unggul, hemat dan ekonomis. Bisa terlihat dari harga bahan bakarnya. Oleh karena itu, mesin diesel banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan berat.

7. Dari Aspek Kualitas

Mesin diesel juga dipercaya lebih awet dibanding mesin bensin jika memang dirawat sebaik mungkin. Contohnya bisa dilihat di jalanan. Sobat we+ pasti pernah kan melihat truk dengan tampilan yang tua, namun performa tenaga dan kualitasnya terlihat masih baik?

Selain itu, ternyata dari sisi kecepatan mesin bensin memang lebih unggul. Tapi, jika fokusnya pada torsi, maka mesin diesel yang lebih baik. Nah, untuk itulah di jalanan yang lebih terjal mesin diesel ini dapat lebih diandalkan.

8. Dari Aspek Keamanan

Perbedaan mesin bensin dan diesel berikutnya jika dilihat dari sisi safety adalah, mesin diesel dianggap lebih aman dibanding mesin bensin. Kenapa? Karena mesin bensin membutuhkan pemicu untuk pembakarannya, sedangkan mesin diesel tak membutuhkan itu. mesin diesel juga tidak mengganggu gelombang radio. Oleh karenanya, kendaraan dengan tingkat keamanan tinggi, seperti pesawat menggunakan mesin ini.

9. Dari Aspek Getaran

Pada kendaraan dengan mesin diesel biasanya memiliki suara yang lebih nyaring yang diakibatkan oleh getaran saat mengubah bahan bakar menjadi tenaga, sedangkan mesin bensin terbilang lebih halus. Walau sebenarnya, beberapa mesin diesel sudah memiliki teknologi yang lebih baik sehingga suaranya tidak terlalu kencang.

Demikian informasi mengenai perbedaan mesin bensin dan diesel. Semoga bisa menambah wawasan sobat WE+, ya. Jadi, manakah yang lebih baik? Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga bisa sobat WE+ pilih berdasarkan pertimbangan kebutuhannya.

Penulis: Raka 21 Oct 2020 184

Penulis: Raka
11 Sep 2020
77
Penulis: Raka
11 Sep 2020
97