Apa Itu Surat Paklaring? Inilah 5 Fungsinya Untuk Karyawan

Apa Itu Surat Paklaring? Inilah 5 Fungsinya Untuk Karyawan

Halo Sobat WE+, pernahkah kalian mendengar tentang surat paklaring? Secara garis besar, paklaring kerja memiliki beberapa fungsi diantaranya untuk melamar kerja, mengajukan bpjs ketenagakerjaan, untuk mengajukan kartu kredit, untuk mengajukan pinjaman bank dan mengajukan beasiswa jalur profesional. Selain itu, surat ini juga memiliki fungsi untuk karyawan yang lain. Bagi yang masih awam tentang surat ini, inilah informasi lengkapnya. 

Memahami Surat Paklaring

Surat paklaring kerja merupakan surat yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk karyawannya yang sudah mengundurkan diri atau keluar. Surat ini berisi tentang informasi karyawan dari masa kerjanya mulai masuk hingga akhir masa kerja serta jenjang karirnya dalam perusahaan tersebut.

Surat ini tidak hanya perusahaan besar saja yang menerbitkan namun tak jarang perusahan kecil juga menerbitkannya. Karena fungsi surat paklaring ini sangat penting sehingga banyak yang membutuhkannya. Biasanya jika melamar ke perusahaan lain surat ini merupakan salah satu dokumen yang wajib dilengkapi. Sebab bagi perusahaan yang menerimanya dapat mempertimbangkan hasil kinerja yang tertulis di surat tersebut. Fungsi-fungsi tersebut akan dijabarkan pada paragraf di ini. 

5 Fungsi Paklaring Kerja untuk Karyawan 

Surat paklaring biasanya mengacu pada pengalaman kerja atau karier yang pernah dijabat serta informasi data diri dan prestasi yang pernah diraih selama bekerja. Menilik manfaat surat ini yang cukup banyak, sudah barang tentu mengetahui apa saja yang berkaitan dengan kegunaannya wajib bagi kamu. Berikut ulasannya:

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Untuk Melamar Kerja

Suatu perusahaan biasanya menjadikan surat paklaring sebagai satu dokumen yang wajib lampirkan untuk melamar kerja. Keuntungan perusahaan saat melihat surat ini yaitu dapat mempertimbangka posisi pelamar sesuai dengan prestasi dan dedikasinya pada perusahaan yang pernah mempekerjakannya. Nah, biasanya surat paklaring ini akan diminta ketika yang dilamar adalah posisi supervisor ke atas. Jadi, jangan sampai menyepelekan surat ini hingga tak bisa diterima diperusahaan yang telah lama diimpikan

  1. Untuk Mengajukan BPJS Ketenagakerjaan 

Perlu diketahui juga jika surat paklaring ini, sangat dibutuhkan saat hendak mencairkan dana JHT (jaminan hari tua) dari BPJS ketenagakerjaan. Dokumen ini menjadi salah satu syarat yang harus terpenuhi saat mencairkan dana tersebut. Meskipun hanya 30 persen atau bahkan hanya 10 persennya saja. Sebagai bukti surat keterangan bekerja fotokopi surat ini harus terlampir dan menunjukkan yang asli. 

  1. Untuk Mengajukan Kartu Kredit

Untuk mengajukan kartu kredit juga membutuhkan surat paklaring. Surat ini digunakan sebagai bukti bahwa calon nasabah memiliki jaminan untuk membayar kartu kredit setiap bulannya. Jadi, alangkah baiknya jika sedang bekerja atau hendak keluar meminta kepada perusahaan untuk menerbitkan surat tersebut.

  1. Pengajuan Pinjaman ke Bank

Untuk mengajukan pinjaman Bank juga mensyaratkan surat keterangan bekerja sebagai dokumen penting yang harus dilengkapi. Pengajuan tersebut seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kredit kepemilikan rumah (KPR). Surat ini biasanya dijadikan acuan bahwa calon debitur memiliki gaji sehingga mampu membayar cicilan. Paklaring ini merupakan dokumen pendukung selain slip gaji. 

  1. Mengajukan Beasiswa Jalur Profesional 

Meskipun sibuk bekerja kesempatan untuk menuntut ilmu masih terbuka luas. Apalagi hal ini didukung dengan pembebasan biaya, siapa yang tidak ingin? Nah, untuk hal tersebut mengajukan beasiswa jalur profesional. Nah, untuk mengajukan beasiswa ini diperlukan surat paklaring. Selain itu biasanya juga atasan dari perusahaan tempat kerja akan dimintai referensi atas pekerjaan yang sedang kamu geluti. 

Surat paklaring kerja selain menandakan kamu pernah bekerja disuatu perusahaan, ternyata kegunaannya sangat banyak. Sehingga sangat perlu untuk memilikinya. Jadi jangan menyepelekan surat sakral tersebut ya! kamu bisa mendapatkan surat ini dengan mendatangi HRD tempat kamu bekerja.

Penulis: Raka 20 Aug 2021 55