6 Hal Yang Harus Diingat Dalam Mencari Perusahaan Asuransi yang Tepat

6 Hal Yang Harus Diingat Dalam Mencari Perusahaan Asuransi yang Tepat

Tips Mencari Perusahaan Asuransi yang Tepat - Dengan berkembangnya bisnis asuransi sekarang ini, semakin banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk-produknya. Di satu sisi, ini artinya perusahaan asuransi akan berlomba-lomba memberi manfaat bagi penggunanya. Namun, di sisi lain, kita harus lebih selektif dalam memilih perusahaan asuransi yang akan memberikan manfaat maksimal untuk kita. 
Asuransi yang baik tidak hanya memberikan perlindungan, tapi juga memberikan kemudahan dalam pelayanan. Sekalipun perusahaan asuransi menawarkan premi yang murah, tapi apabila kita menemui kesulitan dalam mencairkan klaim tentu tetap merugikan kita. Oleh karena itu, kita bisa memberikan pertimbangan-pertimbangan ini dalam mencari perusahaan asuransi yang cocok dengan kita.

 1. Kredibilitas

Untuk memilih perusahaan asuransi, kita harus benar-benar memeriksa rekam jejaknya dalam menangani pelanggan-pelanggan sebelumnya. Perusahaan asuransi yang baik memberikan kemudahan dalam prosedur-prosedur yang ada.
Memilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan akan lebih baik apabila dilakukan tenaga pemasar yang berlisensi atau sertifikasi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

2. Kriteria Khusus Perusahaan Asuransi

Kriteria khusus dalam melihat kinerja perusahaan asuransi adalah Rasio Risk Based Capital (RBC), Rasio Likuiditas, besarnya dana jaminan, cadangan teknis plus utang klaim, dan rasio beban klaim. Semakin tinggi batas minimal yang dilewati perusahaan asuransi, berarti semakin baik kinerjanya. Dengan begitu, kita bisa mempercayai kinerjanya dalam mengurus asuransi kita. 

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ada berbagai jenis produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, dan kadang perusahaan asuransi menawarkan produk yang berbeda-beda. Tidak berarti semua produk asuransi perlu kita punya, tetapi lebih baik memilih produk dari perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita. 

4. Kemampuan Membayar Premi

Menjadi pemegang polis asuransi artinya kita akan membayar premi secara berkala. Pertimbangan yang perlu kita lakukan tidak hanya dalam jumlah premi yang harus dibayarkan, tetapi kenaikan harga premi yang mungkin terjadi di kemudian hari.

5. Ketentuan Polis

Hal yang perlu diperhatikan adalah syarat dan ketentuan yang tertera dalam polis asuransi. Kita bisa mempertimbangkan apakah ketentuan dari perusahaan asuransi sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, kalau terjadi ketidaksesuaian dengan kesepakatan, kita bisa segera mengajukan keluhan. 

6. Mencari di Marketplace Terpercaya

Dengan perkembangan bisnis asuransi yang cepat ini, dengan sendirinya berkembang pula marketplace yang menyediakan wadah pertemuan antara perusahaan asuransi dengan pengguna asuransi. Dengan memilih marketplace yang terpercaya, kita juga bisa memilih perusahaan asuransi yang terpercaya.

Dengan WE+ kamu bisa merasakan mudahnya memiliki asuransi hanya dengan menggunakan smartphone. aplikasi WE+ yang merupakan Smart Insurance Marketplace bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Tunggu apa lagi? Download sekarang yuk!

Penulis: Raka 11 Sep 2020 21