6 Cara Melakukan Gerakan Senam Jantung Sehat Mandiri

6 Cara Melakukan Gerakan Senam Jantung Sehat Mandiri

Senam jantung sehat ini cara paling enak dan mudah supaya nggak kena penyakit jantung.

Cukup melakukan gerakan-gerakan olahraga jantung sehat yang nggak sederhana.

Nggk perlu tempat luas, juga nggak harus di luar rumah atau ramai-ramai.

Meskipun gerakannya simpel, tapi kalau dilakukan rutin, bisa jagain kamu dari salah satu pembunuh nomor 1 di dunia.

Beberapa Tips Gerakan Senam Jantung Sehat Mandiri

Jadi seperti apa deskripsi senam jantung sehat mandiri ini?

1. Jalan Cepat

Nggak ada praktisi kesehatan yang nggak setuju bahwa jalan cepat adalah gerakan olaraga paling mudah tapi manfaatnya paling besar.

Bisa dibilang senam jantung lemah terbaik ya jalan cepat ini.

Kalau kamu jalan cepat, kamu akan mengaktifkan seluruh otot tubuh kamu dari atas sampai bawah. Juga sampai ke bagian-bagian dalam.

Makanya rekomendasi pertama untuk olahraga bagi orang segala usia adalah jalan kaki 10.000 langkah sehari.

Kalau punya treadmill, bisa dikerjakan sendiri di rumah. Nggak ada treadmill pun ga masalah, bisa sambil jalan-jalan keliling kompleks.

Tapi ingat ya, yang bermanfaat itu jalan cepat. Bukan jalan santai sambil cuci mata dan cari pemandangan kece.

2. High Knees

Kalau sudah mulai panas, kamu bisa melakukan gerakan high knees.

Caranya seperti menendang, tapi hanya lutut yang naik ke atas. Naiknya sampai kira-kira setinggi dada.

Gunakan tangan yang berlawanan sebagai penyeimbang. Kalau lutut kanan naik, berarti tangan kanan turun dan lengan kiri ditekuk sampai tangan ke dada kiri.

Ulangi gerakan high knees tersebut hingga 1-2 menit. Paling enak sambil diiringi irama musik (senam irama).

3. Standing Oblique Crunch

Mirip seperti gerakan high knees, hanya kali ini nggak cuma lututnya yang diangkat, tapi sampai tumit naik setinggi dada.

Caranya, posisikan salah satu tangan menjulur ke depan. Tangan lainnya di samping badan.

Tendang telapak tangan yang menjulur tersebut dengan kaki yang berlawanan. Kalau yang menjulur tangan kanan, berarti yang menendang kaki kiri.

Ulangi gerakan standing oblique crunch selama 1-2 menit. Jangan lupa juga setel musik iramanya biar asyik.

4. Butt Kicks

Nendangin pantat?

Iya, tapi milik sendiri ya, bukan punya orang.

Caranya seperti lari di tempat, tapi tumit diangkat tinggi-tinggi sampai menyentuh bokong.

Ulangi bergantian tumit kaki kanan dan kiri.

Biar seimbang, tangan dapat diletakkan di belakang bokong biar tersentuh tumit. Atau ditekuk di depan dada seperti posisi tangan saat orang joging.

Lakukan gerakan butt kicks selama 1-2 menit. Jangan lupa napas teratur selama  proses senam tersebut. Paling asyik kalau sambil diiringi musik.

5. Lateral Shuffle

Gerakan shuffle ini mirip goyang ke kanan dan ke kiri. Tapi pindahnya sambil badan agak ditekuk ke depan.

Posisi tangan ditekuk di depan dada dan kepala tegak memandang ke depan.

Melangkah ke samping kanan atau kiri sambil tubuh lutut agak ditekuk dan badan condong ke depan.

Usahakan posisi kepala tetap tegak dan pandangan lurus ke depan.

Ulangi gerakan berlawanan arah ke kanan dan kiri, bergantian. Lakukan repetisi selama 1-2 menit.

Paling enak kalau gerakan pindah posisi tersebut sesuai dengan beat musik. Jadi ketukannya jelas.

Jangan lupa juga mengatur napas selama gerakan agar jantung dan paru-parunya ikutan terlatih.

6. Jumping Jacks

Gerakan ini adalah gerakan klasik yang bahkan anak kecil pun bisa melakukannya.

Dan biasanya mereka senang banget bisa begini.

Caranya rentangkan kaki agak lebar dan tangan di samping badan.

Lompat ke atas sambil tangan bertepuk di atas kepala, kaki di tarik ke tengah.

Kemudian lompat sekali lagi sambil membuka kaki dan tangan kembali ke sisi tubuh.

Ulangi gerakan jumping jacks 1-2 menit sambil mengikuti irama musik.

 

Nah, mudah kan gerakan-gerakannya? Anak kecil saja bisa.

Jangan lupa share artikel ini ya, biar makin banyak yang sadar dengan kesehatan jantungnya.

Dan biar orang-orang yang kamu sayangi tahu, ternyata mudah menjaga jantung dengan senam jantung sehat sederhana ini.

 

RELATED ARTICLES:

Penulis: Raka 06 Jul 2020 275