4 Tips Memilih Asuransi Covid yang Aman dan Wajib Dicoba

4 Tips Memilih Asuransi Covid yang Aman dan Wajib Dicoba

Sudah sejak setahun belakangan ini seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19 yang sangat berpengaruh pada sendi kehidupan. Selain banyak korban jiwa akibat terpapar virus tersebut sektor ekonomi juga dibuat lumpuh. Oleh sebab itu untuk membantu biaya perawatan pasien terpapar corona kini hadir asuransi covid bagi masyarakat.

Seperti diketahui dan banyak diberitakan di media massa bahwa biaya perawatan bagi pasien covid atau corona tidaklah murah padahal semua lapisan masyarakat rawan terpapar. Asuransi khusus covid diharapkan bisa menjadi jalan terbaik bagi siapapun yang terinfeksi virus ganas tersebut mendapatkan perawatan yang layak hingga sembuh di RS terbaik.

Meskipun begitu sebagaimana asuransi kesehatan pada umumnya kamu harus pintar memilih yang bagus. Apalagi mengingat fungsi asuransi ini sangatlah urgen dan penting. Pemilihan asuransi yang tepat akan menghindarkan terjadinya masalah saat kamu atau anggota keluarga lainnya terpapar covid dan harus dirawat. Jangan sampai asuransi tersebut tidak bisa memberikan manfaat sebagaimana mestinya. 

Tips dan Cara Memilih Asuransi Covid yang Tepat

Pada intinya tidak jauh berbeda ketika kamu akan memilih produk asuransi kesehatan lainnya harus memperhatikan beberapa faktor penting. Apa sajakah faktor penting yang dimaksud? Kamu bisa melihatnya dalam penjelasan berikut ini.

  1. Reputasi Perusahaan Asuransi

Saat akan ikut program asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan jenis asuransi yang lainnya kamu sebaiknya sangat memperhatikan tentang reputasi perusahaan tersebut. Sekarang ini semakin banyak perusahaan jasa finansial yang menawarkan produk asuransi abal-abal.

Jangan lupa juga untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan asuransi tersebut. Lihat apakah reputasinya bagus dan tidak pernah mengalami gagal bayar ataupun penipuan oleh oknum pegawainya dan sebagainya. Beberapa faktor yang bisa dijadikan indikator bahwa reputasi perusahaan asuransi itu baik yaitu :

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  • Manajemen yang dikenal bagus selama ini
  • Track record yang panjang dan tidak pernah ada kasus dengan nasabah.
  • Risk Base Capital atau RBC di atas angka 125
  1. Lihat dan Pastikan Rincian Manfaatnya

Rincian manfaat yang dimaksud disini adalah bukan berapa biaya penggantian perawatan RS akibat terpapar covid namun lebih kepada santunan. Pemerintah menanggung biaya perawatan semua pasien covid yang dirawat di RS namun setelah itu apa yang bisa didapatkan dari asuransi tersebut.

Lihat apakah pada asuransi yang mengatakan ada cover untuk pasien covid nantinya akan memberikan santunan kepada kamu sebagai pemegang polis maupun tertanggung. Santunan yang dimaksud bisa harian ataupun diberikan sekaligus sesuai nilai pertanggungan.

  1. Memiliki Layanan Digital

Sangat disarankan untuk memilih asuransi yang menyediakan layanan digital dalam fiturnya. Mengapa ini penting? Bukankah selama pandemi kita dihimbau untuk melakukan aktivitas dari rumah saja. 

Apalagi bagi pasien yang baru saja menjalani perawatan akibat covid tentunya sangat tidak dianjurkan keluar rumah meskipun untuk mengurus asuransi. Adanya layanan digital untuk mengurus asuransi selain memudahkan juga membuat kamu tidak harus keluar dari rumah.

  1. Sesuaikan Kemampuan

Faktor terakhir yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih produk asuransi adalah kemampuan finansial. Terlebih lagi sejak pandemi kondisi ekonomi menjadi lebih sulih. Tidak perlu memaksakan diri ikut program asuransi dengan premi tinggi yang membuat kamu sampai harus berhutang misalnya. Pilih saja yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

Nah, itulah faktor-faktor penting dan bagaimana cara memilih produk asuransi covid yang tepat buat kamu. Memiliki asuransi setidaknya akan membuat kamu menjadi lebih tenang dalam menghadapi kondisi pandemi seperti saat ini. Untuk membantumu menentukan produk asuransi covid terbaik, sobat WE+ bisa mengunjungi https://weplus.id

We+ adalah platform smart insurance marketplace yang terpercaya. Melalui WE+, kamu bisa memilih produk asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keuangan kamu. Jadi, yuk kunjungi WE+ sekarang juga! 

Penulis: Raka 31 Jul 2021 1112

Penulis: Raka
11 Sep 2020
2082
Penulis: Raka
11 Sep 2020
1322
Penulis: Raka
02 Nov 2020
1781