Tips Atur Keuangan untuk yang Tidak Punya Penghasilan Tetap,  Lakukan Ini!

Tips Atur Keuangan untuk yang Tidak Punya Penghasilan Tetap,  Lakukan Ini!

Untuk sebagian orang yang sudah memiliki penghasilan tetap seperti gaji bulanan mungkin dalam mengatur keuangannya tidak akan begitu rumit. Sobat WE+ bisa saja membagi porsi masing-masingnya untuk tabungan, kebutuhan sehari-hari, sedekah, investasi, dan rekreasi. Namun bagaimana tips atur keuangan untuk yang tidak punya penghasilan tetap?

Tips Mengatur Keuangan Untuk yang Berpenghasilan Tidak Tetap 

Mungkin untuk agak sedikit lebih rumit apalagi jika kamu termasuk orang yang konsumtif. Penghasilan tidak tetap diperoleh mungkin karena saat itu kamu masih bekerja harian, pengemudi ojek online, penulis lepas, ataupun freelancer lainnya. Namun, tenang saja karena ada cara cerdas untuk mengatur keuangan untuk yang tidak punya penghasilan tetap. Inilah caranya: 

  1. Catat Penghasilan Setiap Harinya

Pertama, kamu bisa mencatat berapakan penghasilan setiap harinya. Sehingga kamu bisa tahu berapakah rata-rata penghasilan yang selama ini diperoleh. Catat, hingga kamu tahu jumlah per harinya dan nominal penghasilan yang paling rendah didapatkan.

Tapi mengapa ini penting dilakukan? Bertujuan agar membantu kamu untuk menyusun anggaran pengeluarannya. Supaya lebih aman, kamu pun bisa mematok jumlah gaji yang paling kecil;.

Misal jika pendapatan harian berkisar 150 sampai 300 per harinya, maka pilihlah 150 ribu sebagai patokannya. Apabila pendapatan lebih dari itu, maka selebihnya bisa dialokasikan ke dalam tabungan.

  1. Membuat Catatan Pengeluaran 

Tidak hanya jumlah penghasilan saja yang harus kamu catat, namun pengeluaran kebutuhan sehari-hari pun harus tahu. Dengan adanya catatan ini, tentu kamu tahu berapa besarnya kebutuhan setiap bulan. Jika sudah tahu besar pengeluarannya, selanjutnya mulailah untuk menyusun anggaran yang sesuai dengan rekam jejak pengeluaran sebelumnya. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Akan tetapi, kamu harus menyesuaikannya dengan jumlah pendapatan yang telah dipatok sebelumnya. Kuncinya adalah kamu harus disiplin dan konsisten untuk mematuhi semua anggaran yang telah dibuat. Dengan begitu, tentu saja kamu akan terhindar dari masalah krisis finansial.

  1. Mengalokasikan untuk Tabungan

Jangan khawatir kalau kamu tidak bisa menabung karena penghasilan tidak tetap. Tentu saja kamu masih bisa menyisihkannya sebagai dana darurat dengan langkah diatas. Sehingga jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, kamu pun tidak akan panik mencari pinjaman. 

Bahkan jika dana tabungan tersebut mencukupi, kamu juga bisa mulai mengalokasikannya dalam bentuk asuransi untuk perlindungan terhadap resiko yang tidak terduga. Dengan begitu, hidup bisa menjadi lebih aman, tenang, dan nyaman. 

  1. Memanfaatkan Promosi

Kini memang banyak sekali promosi yang ada di marketplace ataupun supermarket. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut. Meskipun hanya bisa berhemat sedikit tapi jika dikumpulkan tentu saja akan menjadi banyak kan?

  1. Jangan Belanja di Luar dari Anggaran

Anggaran adalah hal yang harus kamu patuhi, supaya keuangan tetap dalam kondisi aman dan tidak akan kocar-kacir apabila ada kebutuhan mendesak. Maka solusinya adalah belanja selama itu masih ada dalam anggaran. Meskipun diskonnya sedang besar-besaran, akan tetapi hindari saja hal ini jika memang tidak terlalu penting dan masih bisa menggunakan alternatif lainnya.

Nah sobat WE+, itulah berbagai tips atur keuangan untuk yang tidak punya penghasilan tetap. Berpenghasilan tidak tetap, bukan berarti membuat keuanganmu menjadi berantakan. Karena pada dasarnya, tergantung bagaimana kamu bisa mengelola pemasukan mu sehingga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan juga menabungnya.  

Mulai dari hari ini, cobalah untuk menerapkan kelima sistem diatas. Selain itu terapkan juga sifat disiplin, hemat, dan mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Dijamin kamu tidak akan kekurangan uang setiap harinya, malah kamu bisa menyisihkan uang untuk menabung. 

Penulis: Raka 19 Jul 2022 47