Asuransi Motor Sebenarnya Perlu atau Ngga, Sih?

Asuransi Motor Sebenarnya Perlu atau Ngga, Sih?

Kendaraan bermotor adalah salah satu aset yang penting sebab kegunaannya adalah memudahkan kegiatan sehari-hari seperti bekerja. Jika tidak ada kendaraan tentu aktivitas akan sedikit terhambat dan cukup merepotkan. Dengan peran pentingnya untuk aktivitas sehari-hari, asuransi untuk motor tentu sangat penting untuk sobat WE+ pertimbangkan. 

Apa Pentingnya Asuransi Motor?

Masyarakat masih banyak yang belum terlalu familiar dengan asuransi motor. Padahal jenis asuransi ini sendiri sudah ada cukup lama. Asuransi motor ini cukup penting karena memang manfaatnya bagi kendaraan bermotor juga banyak. Untuk itu mari simak ulasan tentang peran pentingnya asuransi motor untuk kendaraan pribadi:

  1. Perlindungan Jika Terjadi Pencurian

Sepeda motor atau kendaraan rawan dengan aksi pencurian. Hal ini karena memang harga beli kendaraan bermotor cukup mahal sehingga banyak orang yang tidak bertanggung jawab mengincar kendaraan milik orang lain. Musibah pencurian sendiri tidak bisa diprediksi kapan datang dan kepada siapa. Untuk mengantisipasi kerugian yang cukup besar ketika musibah tersebut terjadi, asuransi motor siap membantu.

Jadi, asuransi untuk kendaraan bermotor ini biasanya ada kebijakan dimana  bagi sepeda yang dicuri akan ditanggung pihak asuransi. Maksudnya, pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang untuk menggantikan sepeda motor yang hilang karena pencurian. Meski tidak memberikan dana yang senilai dengan harga sepeda motor yang hilang, pihak asuransi memberikan dana yang sesuai dengan ketentuan dari pihak penyedia asuransi tersebut. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Perlindungan untuk Kerusakan

Kedua, asuransi motor memberikan juga perlindungan saat kendaraan bermotor mengalami kerusakan. Saat mengendarai motor atau kendaraan tentu ada resiko terjadi kecelakaan di jalan. Saat terjadi kecelakaan tersebut, jika ada kerusakan pada kendaraan maka pihak asuransi siap menanggung biaya untuk memperbaiki kerusakan akibat kecelakaan tersebut. Untuk jumlah uangnya, setiap pihak asuransi memiliki kebijakan yang berbeda. Ada yang siap menanggung penuh biaya perbaikan ada yang memberikan setengah biaya perbaikan. 

Ini adalah salah satu cara untuk menekan kerugian atau bisa lebih menghemat ketika terjadi musibah yang tidak diinginkan. Pengeluaran untuk perbaikan kendaraan setelah kecelakaan tidak perlu dipusingkan lagi dan bisa lebih fokus pada biaya berobat.

  1. Membantu Saat Ada Kecelakaan

Masih perihal kecelakaan dengan kendaraan bermotor, asuransi motor ini bisa dijadikan sebagai cara bertanggung jawab kepada pihak ketiga yang juga ada dalam kecelakaan tersebut. Jika biasanya saat ada kecelakaan dan melibatkan pihak ketiga, ada yang menuntut ganti rugi bahkan sampai membawa masalah tersebut ke pengadilan. Hal itu tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Dengan adanya asuransi motor, maka biaya untuk memperbaiki kendaraan pihak ketiga serta urusan hukum ditanggung oleh pihak asuransi. Hal itu menjadi salah satu bentuk tanggung jawab kepada pihak ketiga sehingga masalah pun cepat selesai dengan aman dan damai.

Nah sobat WE+, dari ulasan singkat tersebut dapat dilihat kalau memiliki asuransi motor sangat penting. Baik untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain. Proteksi kendaraan juga bisa lebih maksimal serta bisa lebih menghemat atau menekan resiko kerugian, jika ada sesuatu yang terjadi diluar dugaan.  Jadi bagi yang masih menilai asuransi motor bukan hal yang penting, tentu itu kurang tepat. 

Sebab, manfaat serta peran asuransi motor tersebut cukup besar dalam memberikan proteksi pada kendaraan bermotor yang dimiliki. Untuk membeli produk asuransi motor terbaik, kamu bisa mengunjungi laman WePlus.id yang merupakan marketplace asuransi di Indonesia. Disini kamu bisa membeli asuransi dengan premi rendah dan sesuai dengan kebutuhan. 

Penulis: Raka 28 Feb 2022 382